13 November 2006

Loe ga perlu jadi sempurna

Sempurna. Menjadi sempurna adalah seperti membawa sebuah tas penuh dengan batu bata setiap harinya, yang harus selalu kau bawa kemanapun kakimu melangkah. Sempurna bagiku adalah sama nyatanya dengan dongeng sebelum tidur. Sempurna adalah kata yang bagus untuk sebuah judul lagu, tapi tidak untuk sebuah parameter hidup. Sempurna cocok untuk merek sebuah rokok. Sempurna adalah tanpa cacat. Adalah hasil pembagian dengan angka nol. Sempurna adalah milik-Nya, bukan engkau, bukan aku, bukan juga mereka.

Hidup itu tak perlu sempurna, mimpi itu tak perlu sempurna (loe denger ini Ariel?¹). Kau tak perlu sempurna buat mata ini. Atau telinga ini. Karena kau telah menjadi sempurna ketika kau tidak sempurna. Kau telah menjadi sempurna ketika menyadari bahwa kau tidak bisa sempurna. Mungkin tidak bagi dirimu, tapi setidaknya untukku.

Lirik itu tidak sempurna, tapi mereka tetap mampu bicara. Cerita itu tidak sempurna, tapi mereka masih bermakna. Hidup ini tidak sempurna, namun setidaknya ini masih bernyawa. Mungkin tidak bagi dirimu, tapi setidaknya untukku.

Kalau saja sempurna itu ada, tentunya finch ga akan bubar, tentunya inggris yang akan selalu jadi juara piala dunia, dan Pramoedya ga akan dipenjara. Kalo saja sempurna itu ada, maka disetiap sesi bahasa inggris akan selalu dipenuhi anak-anak kreatif dan mau bicara. Kalo saja sempurna itu ada, tentunya kita masih akan ada disana....


1. Buat yang ga tau, Ariel adalah nama vokalis peterpan yang sekarang bubar

No comments: